Cukai Rokok Naik Bikin Panik

Isu kenaikan cukai rokok bikin belingsatan beberapa pihak yang berhubungan dengan industri rokok. Gimana nggak,  kalo cukai rokok jadi naik alamat harga sebungkus rokok juga ikut tergeret naik. Di satu sisi, naiknya harga rokok bagus untuk mengerem para perokok pemula yang koceknya pas-pasan. Tapi di sisi lain, industri rokok dan petani tembakau meradang. Berikut sebuah catatan menarik dari seorang penulis beken, Tere Liye di halaman facebooknya tentang kenaikan cukai rokok. Yuk simak!

Apakah cukai rokok naik, maka buruh pabrik rokok akan dipecat?  

Jawabannya, bisa iya, bisa tidak. Tapi yang pasti, tanpa kenaikan cukai rokok, buruh pabrik rokok memang sudah dipecatin. Tahun 2014, Sampoerna memPHK 4.900 buruhnya, Bentoel menutup 8 pabriknya (dari 11, sisa 3), juga mem PHK ribuan karyawan, Gudang Garam mem-PHK 4.000 lebih buruhnya. Belum terhitung pabrik2 lainnya. Perusahaan beralih ke mesin. Yang tidak perlu digaji tiap bulan, yang produktivitasnya tinggi, yang cepat dan efisien.

Itu fakta semua, loh. Perusahaan rokok peduli sama buruh? Hehe, kalian naif jika percaya 100%. Di mana2, bisnis adalah bisnis. Dulu, klaim tentang 6 juta tenaga kerja bekerja di industri rokok mungkin masuk akal, tapi please, silahkan buka data terbaru, berapa persen yg telah di PHK dan digantikan oleh mesin?

Apakah cukai rokok naik, maka petani tembakau akan kehilangan pekerjaan?  

Jawabannya, bisa iya, bisa juga tidak. Tapi yang pasti, tanpa kenaikan cukai rokok, petani tembakau Indonesia memang perlahan tapi pasti telah tersingkir. Tahun 2011, menurut data dari Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI), impor tembakau Indonesia hanya 64,8 ribu ton. Setahun kemudian, 2012, nilainya melesat tidak terkendali 104,4 ribu ton. Dan naik lagi tahun 2013, sebesar 133,8 ribu ton.

Kebutuhan industri  tembakau Indonesia itu ada di angka 250rb ton per tahun, itu berarti, separuh lebih tembakau diimpor dari luar negeri. Bisnis adalah bisnis, jika tembakau luar negeri lebih murah, ngapain pabrik rokok harus beli tembakau petani Indonesia?  

Harga tembakau?

 Wah, ijinkan sy  memberitahu, di China, harga tembakau bisa 1-2 dollar/kg. Di Indonesia saat ini diangka  34.000 – 47.000/kg, dan petani sudah megap-megap dengan harga segitu. Dulu, idealnya harga tembakau adalah 80.000120.000/kg. Tapi bagaimana mau jadi 120rb? China mau dilawan? Silahkan lawan harga tembakaunya yg hanya 14.000/kg.

 Tambah biaya logistik, dll, itu tembakau sampai di Indonesia cuma 20-30rb/kg. Pembela rokok itu koar2 bilang ada 6 juta petani tembakau di Indonesia. Ah masa’  sih? Kok bisa produksi tembakau-nya cuma 170.000 ton per tahun saja? Lahan tembakau saja semakin berkurang, paling tinggal 190.000 hektare, karena petani mulai mikir menanam tanaman lain.

Apakah pabrik rokok memang peduli dgn petani Indonesia? Peduli dgn buruh pabrik?  

Waduh, sy lebih suka melihat faktanya saja. Yang saya tahu, sejak jaman dulu, hingga jaman mobil terbang, juga kejadian di negara2 maju (sebelum pabrik rokok terpaksa menyingkir ke negara berkembang karena perokoknya berkurang), ‘petani’ dan ‘buruh’ memang menjadi argumen yg paling seksi sebagai tameng.

Hingga kita lupa, Sampoerna, untung setahunnya bisa 10 trilyun loh. 10.000.000.000.000, tuh nol-nya banyak banget. Kalau gaji kalian dikantor ‘cuma’ 10 juta per bulan, kalian butuh 1.000.000 bulan untuk dapat uang ini. Pemilik perusahaan rokok tajir super gila, sekali tepuk dapat untung 10 trilyun, nasib ‘6 juta’ petani tembakau cuma dapat remah-remahnya, ‘6 juta’ tenaga kerja pabrik rokok cuma dapat ampasnya saja.

Kita bahkan belum bicara tentang berapa besar biaya kesehatan yg harus dikeluarkan gara2 rokok. Kita bahkan belum bicara jutaan remaja usia SMP, SMA, tergoda merokok. Kita belum bicara biaya2 berobat akibat penyakit rokok. Saya tahu, kalian tidak akan percaya rokok itu penyebab penyakit kanker, jantung, dll. Saya tahu banget, setahu bahkan ada perokok yg percaya merokok itu baik untuk kesehatan.  

Tetapi lewat tulisan ini, ijinkanlah sy berterus-terang: Sy tidak peduli kalian mau terus merokok atau berhenti (bahkan i dont care kalian mau mati atau sehat gara2 rokok). Yg saya peduli, di page ini, 2/3 anggotanya adalah remaja, merekalah tujuan sy menulis. Saat mereka memikirkan tulisan ini, akan lahir jutaan generasi baru yg tahu persis jika merokok itu tidak bikin jantan, macho, cowboy, dsbgnya, merokok itu justeru bikin impoten. Jadi tidak perlu GR ngamuk2 nulis komen marah, tulisan ini bukan untuk kalian. 🙂 *Tere Liye

3 maret 1924

3 Maret 1924. Ini bukan tanggal keramat. Tapi sekedar pengingat. Kalo di tanggal itu ada kejadian hebat. Yang seharusnya  tak boleh dilupakan umat. Peristiwa itu berkaitan dengan runtuhnya khilafah. Bagi  yang belum tahu, khilafah adalah bentuk sistem pemerintahan Islam. Kepala negaranya dikenal dengan sebutan khalifah pasca Rasulullah wafat.

Dan itu sudah berlangsung kurang lebih 14 abad.  Sedih deh kalo kita inget saat-saat terakhir menjelang keruntuhan Khilafah. Awalnya, Inggris berhasil menduduki Istambul, Turki pada perang Dunia I (1914 M).

Lalu seorang agen Inggris keturunan Yahudi Dunamah dari Salonika, Mustafa Kemal Pasha, ditugaskan untuk menjalankan agenda Inggris di Turki sebagaimana tercantum dalam “pernyataan Curzon”, yaitu: penghapusan Khilafah secara total, pengusiran khalifah sampai keluar batas-batas negara, penyitaan kekayaan khalifah, dan pernyataan sekularisasi negara. Pernyatan ini merupakan syarat yang harus dipenuhi Turki untuk mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris.  

Mayoritas anggota Majelis Nasional Turki yang berpusat di Ankara dengan tegas menentang apa yang tercantum dalam pernyataan Curzon. Tapi mereka diancam Kemal akan dibunuh dan dihukum gantung. Akhirnya Majelis Raya Nasional menggelar sidang pada tanggal 01 Maret 1924 selama tiga hari untuk mensikapi adanya dualisme pemerintahan di Ankara dan Istambul. Terjadi perdebatan alot dan sengit karena Mustafa Kemal sebagai pimpinan majelis terangterangan hendak menghapus kekhilafahan  Islam yang dipimpin Khalifah Abdul Majid II di  Istambul.  

Dan tepat pada pagi hari tanggal 03 Maret 1924, Majelis Nasional mengumumkan telah menyetujui penghapusan khilafah dan pemisahan agama dari urusan-urusan negara. Malamnya, Khalifah Abdul Majid II diusir dari rumah kediamannya atas perintah Mustafa Kemal. Khalifah dipaksa masuk mobil dan dibawa melintasi perbatasan negara menuju Swiss.

Kemudian diturunkan dengan dibekali satu kopor berisi beberapa potong pakaian dan sejumlah uang. Tragis! Driser, pasca runtuhnya Khilafah umat Islam bagai anak ayam kehilangan induknya. Mencar-mencar gak karuan. Tak ada lagi yang melindungi dan menjaga Islam dan kaum Muslimin. Akibatnya, negeri-negeri Islam terpecah belah. Kaum Muslimin dizhalimi. Rasulullah saw dihina. Ajaran Islam diinjakinjak. Masihkah kita cuek dengan kondisi ini? Jangan dong! [@Hafidz341]

DIET MAUT : BULIMIA & ANOREKSIA

tubuh ideal bak gitar spanyol adalah dambaan setiap kaum  hawa. Badan yang ramping selalu diidentikan dengan  Tkecantikan dan penampilan menawan. Tak heran jika  wanita mengerahkan segala upayanya agar memiliki tubuh  langsing. Salah satunya dengan berdiet alias lebih selektif dalam  menjaga pola makan.

Bagi pemuja kecantikan yang perfeksionis,  tubuh ideal adalah harga mati yang harus dijaga walau harus  dengan menyabung nyawa! Lebay dot com ^_^ Dalam urusan diet, awalnya sih boleh jadi cuma pengen  menjaga tubuh tetap ideal. Tapi lama-kelamaan kok jadi obsesif  dan tak terkendali. Widiih..ngeri! Kalo udah gini, alamat  kedatangan penyakit diet maut Anoreksia Nervosa atau Bulimia.  Ampun dah!

Menurut kamus online wikipedia, Anoreksia Nervosa (NA)  adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan  untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut  yang berlebihan alias paranoid terhadap penambahan berat  badan. Penderitan AN alias anoreksik, sering ngerasa cemas  tingkat dewa kalo udah berdahapan dengan makanan. Selezat  apapun makanan yang disajikan, seleranya bisa mendadak sirna.  

Doi khawatir berat badan nambah, jadi gembrot alias tumbuh ke  samping bukan ke atas dan otomatis nggak sedap dipandang.  Akhirnya, mendadak kehilangan nafsu makan padahal perut udah  keroncongan. Penyakit Anoreksia Nervosa bisa mengakibatkan  penderitanya sangat kurus hingga tak jarang menyebabkan  kematian. Ngerii..! Selain anoreksia, diet maut juga datang dari penyakit  bulimia (ini bukan istriya Pak Limia lho). Menurut dunia  kesehatan, Bulimia adalah kelainan pola makan (gangguan  makan) yang sering terjadi pada wanita.

Si penderita kerapkali  melakukan penyiksaan terhadap diri sendiri dengan makan secara  berlebihan secara berulang-ulang (binge) dan kemudian kembali  mengeluarkannya. Mengeluarkan makanan yang dimakan ini bisa  melalui muntah yang biasanya diinduksi dengan obat pencahar,  selain itu juga dengan mengeluarkannya lewat kencing dengan  menggunakan obat diuretik. Bulimia sangat berbahaya bagi tubuh.

Gangguan atau  kelainan pola makan tersebut dihasilkan oleh ketakutan bahwa  tubuh akan menjadi gemuk setelah makan, dan ketakutan mental  itu akan terpancar melalui penyiksaan fisik. Gejala umum bulimia  seperti depresi, krisis kepercayaan diri yang rendah, penampilan  yang tidak proporsional, hubungan keluarga yang terganggu,  nafsu makan berkurang, sulit mengontrol emosi, mudah  terjangkit penyakit, berat badan ringan, dan kekurangan nutrisi.

Penderita bulimia seringkali melakukan pesta makan, dan  ini diduga terdorong oleh depresi atau stress yang berkaitan  dengan berat badan, bentuk badan atau makanan. Mereka  menganggap, makan merupakan kegiatan paling menyenangkan  dan bisa menghilangkan depresi. Namun kebahagiaan itu hanya  berlangsung sementara karena akhirnya mereka kembali  membenci makanan serta marah atas kontrol diri terhadap pesta  makan yang kurang. Kebencian inilah menjadi pemicu utamanya  dari penderita bulimia. Penelitian  menunjukan bahwa  kelainan psikologis  ini juga disebabkan  oleh proses  kimiawi yang ada  di dalam otak.

Para  ahli menduga  bahwa kelainan  neurotransmitter  dalam otak,  utamanya adalah  neurotransmitter  serotonin yang menjadi pemicu terjadinya penyakit bulimia  nervosa ini. Namun dugaan awal ini masih belum bisa dijelaskan  secara spesifik karena kompleksnya penyakit ini. Akibat dan bahaya dari bulimia berdampak kepada organ  tubuh.

Organ tubuh akan rusak akibat pembersihan secara  ekstrim saat mengeluarkan dengan paksa makanan yang  dilahapnya. Kerusakannya antara lain adalah pembengkakan  kelenjar ludah di pipi, masalah pada kelenjar ludah yang berupa  rasa nyeri atau pembengkakan, asam lambung berlebih pada  kerongkongan bisa menyebabkan borok, pecah atau penyempitan  dan terganggunya proses pencernaan akibat pencahar.

Dan ini  bisa mengakibatkan disfungsi organ pencernaan. Selain itu  ketidakseimbangan cairan tubuh akibat stimulus zat diuretik  secara berlebih. Driser, hati-hati deh kalo mau diet makan. Silahkan aja kalo  untuk kesehatan. Tapi jangan sampe terpengaruh dengan mitos  kecantikan. Sampai menghalalkan segala cara demi penampilan  yang mempesona. Akibatnya bisa fatal. Anoreksia dan bulimia  bisa ngecengin kita. Nyawa taruhannya. Waspadalah..! [341]

KHILAFAH FOR TEENS

sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu, istilah Khilafah masih terasa asing ditelinga  remaja. Saking asingnya, terkadang masih suka ketuker dengan istilah  Skhilafiyah (perbedaan). Padahal artinya jelas beda. Khilafah wajib, khilafiyah  boleh untuk masalah furu’ (cabang) dlm syariah.

Terlebih lagi remaja kaya kita,  jarang dikenalin dengan istilah khilafah yang dianggap terlalu tinggi bahasannya.  Walhasil, nggak ketemu deh kata Khilafah dalam database memori remaja. Entah  belum diinput atau terselip dalam rimbunan istilah gaul mereka. Yang pasti,  remaja lumayan gagap kalo ditanya tentang khilafah.

Tapi itu dulu. Sekarang,  seiring berjalannya waktu dan laju roda dakwah yang menyasar pasar remaja,  istilah Khilafah semakin dikenal luas oleh remaja. Jadi kalo hare gene masih ada  remaja Islam nggak tahu apa itu Khilafah, tandanya cupu dan nggak gaul. Hehe…

“Tapi kan aku emang belum tahu!” Oke, kalo emang masih ada yang  belum tahu, kalo gitu D’Rise kasih tahu ya. Khilafah adalah sebuah kepemimpinan  umum bagi kaum muslimin di seluruh dunia, dipimpin oleh seorang Khalifah yang  satu, untuk menerapkan syariat Islam dan menyebarkan Islam ke seluruh penjuru  dunia. Itulah dia definisi Khilafah yang kita kutip dari Syekh Taqiyuddin an  Nabhani, beliau adalah seorang ulama mujtahid dari Palestina. Dengan kata lain,  Khilafah adalah sebuah negara yang di dalamnya diterapkan syariat Islam secara  sempurna dan dipimpin oleh seorang Khalifah. Cuma sistem pemerintahan ini saja  yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

kepada kita. Seorang muslim akan sangat membutuhkan Khilafah, karena hanya  dengan Khilafah sajalah Islam bisa diterapkan dengan sempurna dan kaum  muslimin bisa melaksanakan segala perintah Allah dengan baik dan total. Kalo  tanpa Khilafah, Islam hanya bisa dilaksanakan sepotong-sepotong aja, nggak  menyeluruh. Karena itulah kita sangat membutuhkan Khilafah.

Di jaman kita ini Khilafah nggak ada, akibatnya banyak kaum muslim  yang nggak melaksanakan aturan Islam lagi. Kaum muslim pun dianiaya dan  dibunuh di berbagai belahan dunia. Wilayah-wilayah kaum muslim pun dengan  bebas dikeruk dan dieksploitasi oleh kaum kafir penjajah. Karena itulah tugas  remaja Islam sekarang adalah mengembalikan Khilafah agar bisa ditegakkan  kembali. Dengan Khilafah itulah nantinya umat Islam akan kembali mulia dan  sejahtera. So, remaja muslim wajib melek khilafah. Yuk![Sayfh