Thursday, October 17

Prelude

Masbuloh…!

Masbuloh…!

Prelude
Masbuloh alias masalah buat lho! Lgi ngetrend dlm obrolan remaja. Klo remaja diingetin  trus doi gak suka, keluar deh kalimat ini dengan nada sinis. Trus, masbuloh.... Masalah buat loh!  Ya iyalah masalah. Bukan buat yang ngingetin, tpi bener buat loh yg diingetin. Masbuloh melengkapi kosakata egp alias emang gue pikirin atau urus aja diri lu, gak usah mikirin orang laen. Koleksi kosakata yang nunjukin sikap egois remaja. Gak terima kalo diingetin kelakuannya yg salah. Ogah bin risih kalo diajak ke jalan yang bener. Pengennya orang gak usah peduli urusannya. Maunya orang cuek dengan apa yang dikerjainnya. Doi ngerasa badan badan sendiri, tangan tangan sendiri, kaki kaki sendiri. Ngapain juga orang lain yang repot.  Hey..! Jangan ngerasa geer ya. Klo aja Alla...
Jari Tanpa tinta | Golput dalam Pemilu

Jari Tanpa tinta | Golput dalam Pemilu

Prelude
Wacana Golput menjelang pelaksanaan pemilihan umum selalu jadi trending topic Baik di dunia maya apalagi dalam headline berita. Golpu dalam pemilu Mungkin akan dianggap sepele jika pemilih golput cuman seupil. Masalahnya, prosentasi golput pada setiap pemilu terus beranjak naik dari tahun ke tahun. Saking populernya itu istilah, remaja sebagai bagian dari GOLongan Pinky dan imUT (GOLPUT) banyak yang nggak ngeh asal muasal golput itu sendiri. Padahal penting banget bagi kita yang udah termasuk usia pemilih, memahami hakikat golput. Golput dalam Pemilu Biar kita bisa mensikapi setiap pemilu lebih dewasa dan nggak asal ngikut. Golongan putih (golput) pada dasarnya adalah sebuah gerakan moral yang dicetuskan pada 3 Juni 1971 di Balai Budaya Jakarta, sebulan sebelum hari pemungutan ...
Pemimpin blusukan adalah..

Pemimpin blusukan adalah..

Prelude
Keluar masuk gang atau tempat kumuh yang jarang dilewati, mungkin udah biasa bagi rakyat jelata. Pemimpin blusukan adalah yang demikian Namun jika yang melakukannya penguasa, akan lain ceritanya. Apalagi tanpa kawalan aparat dan sorotan media, tentu bakal jadi headline media massa. Inilah fenomena blusukan yang lagi tenar di ibukota dan kota pahlawan Guna mengetahui secara langsung kondisi masyarakat, Jokowi kerap terjun ke lapangan dan berbaur dengan warga ibukota. Hal yang sama juga dilakukan Ibu Risma di kota Pahalawan. Bedanya, yang di Ibukota lebih banyak di ekspos media massa sementara yang di kota kelahirannya Bung Tomo minim publikasi namun hasilnya maksi.  Di era demokrasi, blusukan pemimpin masyarakat boleh jadi dianggap unik. Jarangjarang lho ada pemimpin ya...
Cewek Cabe-cabean

Cewek Cabe-cabean

Prelude
Setelah generasi alay, Ibu pertiwi kedatangan generasi baru penyuka sayuran. Cewek cabe-cabean namanya.   Ups, mereka bukan golongan vegetarian tapi julukan bagi remaji yang pola pergaulannya bebas dan murahan.  Yup, fenomena cewek cabe-cabean sempat menyita perhatian media. Kehadiran mereka cukup bikin masyarakat bete ngeliatnya. Mulai dari dandanan ala kadarnya, hingga perilaku asusila yang bikin risih. Doyannya pake baju super ketat yang menonjolkan aset berharganya. Dipadukan dengan celana hot pants menutupi bongkah bemper belakan dengan warna mencolok mata. Ditambah lagi senyum centil yang dihiasi behel gigi ala kadarnya. Bukan untuk kesehatan, tapi ikut-ikutan. Jadinya pasang di ahli gigi pinggir jalan, bukan di dokter gigi. Walhasil, bukan senyum manis yang did...