Saturday, May 23

Prelude

Hei,,, Masbuloh…!

Hei,,, Masbuloh…!

Prelude
drise-online.com - Masbuloh alias masalah buat lho! Lgi ngetrend dlm obrolan remaja. Klo remaja diingetin trus doi gak suka, keluar deh kalimat ini dengan nada sinis. Trus, masbuloh.... Masalah buat loh! Ya iyalah masalah. Bukan buat yang ngingetin, tpi bener buat loh yg diingetin. Masbuloh melengkapi kosakata egp alias emang gue pikirin atau urus aja diri lu, gak usah mikirin orang laen. Koleksi kosakata yang nunjukin sikap egois remaja. Gak terima kalo diingetin kelakuannya yg salah. Ogah bin risih kalo diajak ke jalan yang bener. Pengennya orang gak usah peduli urusannya. Maunya orang cuek dengan apa yang dikerjainnya. Doi ngerasa badan badan sendiri, tangan tangan sendiri, kaki kaki sendiri. Ngapain juga orang lain yang repot. Hey..! Jangan ngerasa geer ya. Klo aja Allah gak perintah...
Revolusi, Pasti Terjadi!

Revolusi, Pasti Terjadi!

Prelude
drise-online.com - Jazirah Arab bergejolak. Tak disangka, aksi bakar diri seorang penjual sayur di Tunisia itu membakar amarah rakyat terhadap ketidakadilan di negeri itu. Bola revolusi pun bergulir. Zine el-Abidin ben Ali sang pemimpin korup itu pun kabur ke Saudi Arabia. Bak bola salju, revolusi itu makin membesar dan meluas di negara-negara Arab dan Afrika utara. Tak lama kemudian, Mesir pun menyusul Tunisia, menendang bokong penguasa untuk segera hengkang dari singasananya. Seolah jadi tren, kini hari-hari di Jazirah Arab dihiasi dengan demonstrasi anti pemerintah. Meletusnya gerakan revolusi di timur tengah bukan tanpa sebab. Karena saat ini, kebanyakan negeri Arab diperintah oleh pemimpin diktator yang otokratis, korup, represif, penindas rakyat. Apalagi keadaan semakin diperparah d...
Tiga ‘Ta’

Tiga ‘Ta’

Prelude
Kalau ingat sama KH. Zainuddin MZ, tentu kita akan ingat juga dengan istilah Tiga ‘Ta’. Apa aja sih Tiga ‘Ta’ itu? Ia adalah harTa, tahTa, waniTa. Tiga hal inilah yang biasanya diburu oleh umat manusia. Sayangnya, Tiga ‘Ta’ ini lebih sering jadi fitnah dibanding berkah buat umat manusia. Gara-gara tiga ‘ta’, banyak manusia yang hidupya jadi kacau beliau dan nggak jelas juntrungannya. Kasus-kasus yang terjadi belakangan di negeri kita bisa jadi fakta nyata yang memperlihatkan betapa ngerinya fitnah yang ditimbulkan oleh Tiga ‘Ta’. (more…)
Khilafah for Teens

Khilafah for Teens

Prelude
[Drise-#029] Sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu, istilah Khilafah masih terasa asing ditelinga remaja. Saking asingnya, terkadang masih suka ketuker dengan istilah khilafiyah (perbedaan). Padahal artinya jelas beda. Khilafah wajib, khilafiyah boleh untuk masalah furu’ (cabang) dlm syariah. Terlebih lagi remaja kaya kita, jarang dikenalin dengan istilah khilafah yang dianggap terlalu tinggi bahasannya. Walhasil, nggak ketemu deh kata Khilafah dalam database memori remaja. Entah belum diinput atau terselip dalam rimbunan istilah gaul mereka. Yang pasti, remaja lumayan gagap kalo ditanya tentang khilafah. Tapi itu dulu. Sekarang, seiring berjalannya waktu dan laju roda dakwah yang menyasar pasar remaja, istilah Khilafah semakin dikenal luas oleh remaja. Jadi kalo hare gene masih ada remaja Isla