Wednesday, July 1

Writepreneur

Melek Dunia Penerbitan #5 : Mengenal Indie Publising

Melek Dunia Penerbitan #5 : Mengenal Indie Publising

Writepreneur
Drise jika naskah-naskahmu sering  dikembaliin alias gagal total masuk ke penerbit, sedangkan kamu  begitu ngebet bukumu pengen ada yang terbit, kagak ada salahnya nyoba jasa penerbit indie label alias indie publishing. Walah, apaan neh, ya?  Indie publishing sebenernya kayak jasa penerbitan buku pada umumnya, tapi ga pake label alias kagak di bawah payung industri penerbitan gede (perusahaan penerbitan mayor). Trus juga, kamu bakal diminta ikutan berkontribusi extra dalam penerbitan bukumu itu, bisa berupa duit ataupun jasa. Pokoknya, kamu bakal dibikin ngerasa sibuk dengan bukumu yang terbit itu…secara kamu sendiri yang ngebet bukumu itu terbit, kan? Jadi, wajar dunk, ada perhatian lebih gitu lho, tapi “jadi baper”, ya? Woles aja, dah! Penerbit indie beda banget
15 Tips Penulis Pemula

15 Tips Penulis Pemula

Writepreneur
Biasanya penulis pemula seperti kamu dan saya kebingungan harus mulai darimana untuk  meningkatkan kemampuan menulis.  Itu merupakan permasalahan yang sepele.  Namun, jika kita bisa membuat susunan yang sistematis tentang bagaimana memulai tulisan, maka kita bisa dengan mudah menerapkannya untuk bisa mengasah kemampuan kita dalam menulis.  Oleh karena itu, berikut tips-tips menulis untuk pemula agar bisa kamu gunakan berlatih menulis.   Mulailah dengan menulis apa yang kamu lakukan.   Setiap orang pasti memiliki aktivitas keseharian yang berbedabeda.  kamu bisa menuliskan semuanya dalam satu artikel atau memilah-milah mana kegiatan yang menarik untuk dituliskan.  Bagi penulis pemula seperti kita, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagaimana menyajikan aktivitas
Mengenalkan Dunia Penerbitan #4 : Promo Marketing Buku

Mengenalkan Dunia Penerbitan #4 : Promo Marketing Buku

Writepreneur
DRiser, jika bukumu itu termasuk produk unggulan di penerbit itu, kamu bakalan digadang-gadang ke  seantero jagat buat aktif promoin sekaligus jualin bukumu itu. Kok, bisa? Bisa dunk! Gini ta' jelasin, ya? Pertama, periksa lagi surat perjanjian penerbitan yang kamu signing sebelom bukumu itu terbit. Perhatiin, deh, di salah satu point perjanjiannya (biasanya) tertulis bahwa pihak penerbit berhak untuk mencetak buku diluar kesepakatan jumlah penerbitan sebanyak 50 s.d 500 exp.  Di point itu juga diungkapkan bahwa cetakan tersebut dimaksudkan untuk keperluan promo marketing buku yang terbit. Bahkan, dijelaskan pula, jika pihak penerbit malah menjual produk tersebut, maka kamu sebagai penulisnya pun berhak untuk mendapatkan royalty ato bagi hasil dari hasil penjualan buku terse...
Menangkap Inspirasi Dengan Diary

Menangkap Inspirasi Dengan Diary

Writepreneur
Menulis adalah sebuah aktiitas intelektual yang keren banget. Saat menulis, kita tengah  menuangkan apa yang ada di dalam pikiran dan hati ke dalam media tulisan agar orang-orang yang baca tulisan kita tercerahkan.Jadi ladang pahala deh.  Karena penting bangetnya menulis, banyak ulama yang menghabiskan separuh umurnya untuk menulis berbagai kitab. Mereka ngerti banget bahwa menulis akan membuat ilmu menjadi lebih bertahan lama. Ilmu akan bisa tetap dinikmati dan dimanfaatkan walaupun para ulama itu telah wafat bertahun-tahun lalu. Karenanya buku menjadi warisan luar biasa dari para ulama. Sekarang ini kita masih bisa memperoleh keluasan ilmu Imam Syafi'i, itu karena beliau menulis buku. Coba kalo dulu beliau cuma mengajar saja kepada murid-muridnya, dan tidak menulis buku...