Cewek Edgy

Croptop sweater dan jogger pants, dengan detail  zipper, sepatu boots plus Aksesori choker dan bucket hat, emang bikin yang pakai terkesan BERANI. Macan!. Belum lagi warna yang dipakai rada gelap, memberikan kesan gimanaaa gituh bagi yang memakai. Kalau ngakses akun para selebgram, rata-rata style-nya kayak gini nih.

Yap Edgy Style, gaya yang identik dengan kebebasan berbusana ini sedang menjadi tren dan digemari banyak pecinta fashion khususnya kaum hawa. Maksud edgy style disini adalah berbusana dengan padanan yang tidak biasa, namun terlihat dinamis dan modern dengan berbagai kombinasi warna yang terlihat keren.

Rada boyish, namun tetap ada sedikit kesan chic dan colorfull dengan memakai aksesori yang lebih berwarna.  Gaya edgy bila diartikan dalam bahasa Indonesia secara harfiah berarti gaya tidak tenang atau tegang. Aneh bukan? Kebayang mirip orang kecanduan kafein hehe. Tetapi jadi beda bila dimaknai dalam dunia fashion. Edgy style ini hampir mendekati gaya rock star, namun dengan sentuhan classic dan bohemian.

Bila semua gaya itu disatukan, jadilah gaya tidak tenang. Let’s rock and roll your style Girl! Yeay!:). Cewek bergaya edgy juga rata-rata suka warna hitam, warna tanah dan warna gelap. Warna-warna ber-tone hangat dan cenderung gothic memang sangat mewakili karakter cewek edgy.

Karakter cewek yang menyukai gaya edgy katanya sih dipastikan memiliki kepribadian yang kuat dan berani. Hal ini terlihat dari garis tegas di tiap penampilannya yang memberikan kesan wanita independen dan percaya diri. Tetapi wanita dengan gaya edgy style tentu saja wanita yang keras kepala, sehingga sulit untuk ditaklukan. Meski Edgy mengarah ke boyish dan cool, namun tetap ada sisi femininnya. Biasanya mereka yang tampil dengan gaya ini mengenakan baju yang simpel, tetapi tetap memiliki cutting unik.  

Fashion, Penentu Kepribadian?

Berbicara masalah Style fashion  emang gak akan pernah abis untuk dikupas, apalagi untuk kalangan cewek. Iya gak sih? Ini emang tergantung kesukaan masing-masing sih yah. Ada yang lebih doyan ke edgy yet effortless, modest and loose, yang dilengkapi ankle boots dan ankle heels, Plus tambahan aksesoris, seperti kalung, cincin, dan jam tangan.

Ada juga yang emang ngadem dengan fashion serba effortless doang. Yang penting mix n match.  Pertanyaannya, bener gak sih Style fashion itu bisa memberikan gambaran kepribadian?  Driser, style itu hubungannya dengan pakaian, bukan kepribadian. Kepribadian itu dibentuk dari pemikiran (aqliyyah) dan pola sikap (nafsiyyah).

Jadi kepribadian seseorang itu ditentukan oleh kedua hal tersebut. warna pakaian jelas gak ada korelasinya dengan kepribadian. Kalau masalah warna tergantung kesukaan sih ya, jadii gak lantas menggambarkan kepribadian seseorang. Karena Islam sendiri punya penjelasan gamblang tentang kepribadian itu sendiri. Sebagai cewek, hukum syara’ tentu mengharuskanmu lebih berhati-hati dengan penampilan. Islam memerintahkan kepada kaum cewek agar memiliki kesopanan dan mengenakan pakaian yang sempurna di kehidupan umum.

Catet nih, pakaian juga nunjukin kemuliaan kamu lho. Syar’i-nya Pakaian Muslimah di dalam Islam itu sebenarnya gak pakai ribet.  Kita ingetin lagi ya. Penutup aurat (hijab) perempuan itu terdiri dari :

pertama, jilbab. Dalam kitab kamus Al Mu’jamul Wasith, disebutkan jilbab adalah baju yang menutupi seluruh tubuh (al tsaub al musytamil ‘ala al jasadi kullihi). Jilbab juga diartikan apa-apa yang dipakai wanita di atas baju-bajunya seperti milhafah (mantel/baju kurung) (Al Mu’jamul Wasith, hlm. 126).  

Kedua, Kerudung, dalam Al Qur`an disebut dengan istilah “khumur” (plural dari khimaar) bukan dengan istilah ”jilbab” lho yaa. Kata “khumur” terdapat dalam firman Allah SWT (artinya),”Dan hendaklah mereka (para wanita) menutupkan kain kerudung ke dada mereka” (QS An Nuur [24] : 31).

 Imam Ibnu Katsir dalam kitabnya Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa yang dimaksud “khimaar” adalah apa-apa yang digunakan untuk menutupi kepala (Tafsir Ibnu Katsir, 4/227).  Yang gak boleh ketinggalan tentu aspek tabarruj alias berhias sehingga mengalihkan perhatian khalayak.

Misal pakai kerudung, tapi wajah penuh polesan berkarakter berani ala wanita edgy, memakai wewangian, sampai asesoris pelengkay edgy style yang serba mencolok. Berhijab sih, tapi memakai kalung gede menjuntai, cincin gede yang beda dari biasa, plus asesoris lainnya untuk mengokohkan karakter edgy ini.

 Apalagi jika tujuannya untuk menarik perhatian, terlebih sengaja dipamerkan di akun sosmed kamu, widiw….! itu mah jelas nyari perhatian. Hati-hati non.  Udah deh, Karakter kamu udah ada kok, yakni cewek muslimah. Identitas kokoh, yang ga perlu dilengkapi dengan riasan berkarakter. Cukup Lengkapi dengan pemahaman, hiasi dengan sikap Islami, kokohkan dengan keistiqomahan. Simple, gak pakai ribet. Yipiiii! [ Juanmartin]

Leave a Reply

Your email address will not be published.