Tuesday, July 21

Flip Trasfer Bank Gratis

Mas, ada rekening Mandiri gak? – Nggak ada Mbak. Adanya juga BCA/BNI/BSM + Ya..gimana. Kalo antar bank kan kena biaya lagi… – Maaf mbak, …belum punya akun bank Mandiri + Ya udah deh..nanti dikabarin lagi..

Kurang lebih kaya di atas dialog yang sering saya temui saat jualan online. Tahu nggak setelah itu apa yang  terjadi? Biasanya konsumen menghilang bak ditelan bumi. Gak ada kabar lagi. Giliran ditanya, maaf mas gak jadi ordernya. Kalo udah gitu, biasanya udah order ke yang lain yang punya rekening bank yang sama. Di situ saya kadang merasa sedih.  

Siapapun kita terutama yang berkepentingan dengan transfer uang via bank saat belanja online, bayar uang kuliah, atau pesan majalah drise pastinya bete kalo harus nambah biaya transfer lantaran beda bank.

Nggak besar sih. Minimal 6500 rupiah, tergantung kebijakan bank. Cuman ya tetep aja, nilai segitu sebanding dengan pulsa goceng. Lumayan buat internetan. Hehehe.. Bermula dari kegalauan di atas, tiga orang alumnus Universitas Indonesia bernama Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar dan Ginanjar Ibnu Solikhin, mengembangkan aplikasi unik bernama flip.

Apa Itu Flip?

Flip adalah layanan yang menjawab  kegalauan akibat adanya tambahan biaya transfer antar bank. Dengan bantuan flip, kita bisa menghemat biaya transfer antar bank menjadi Rp 0 alias gratis! Wos..keren banget nih. Kok bisa?  Bisa aja.

Sederhana kok konsepnya. Flip punya beberapa akun bank. Jadi, semisal kamu memiliki rekening Bank BNI dan ingin transfer ke BRI. Maka caranya kamu transfer ke rekening BNI milik Flip. Kemudian, rekening Flip lainnya yang tentu saja rekening BRI akan melakukan transfer ke nomor rekening BRI tujuan kamu. Konsep yang sederhana bukan? Namun butuh komitmen dan niat yang bulat untuk memberikan pelayanan seperti ini.

Simple kan?  Untuk melayani penggunanya, setidaknya Flip memiliki enam rekening sementara ini yaitu bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, BNI Syariah dan Mandiri Syariah (BSM). Bahkan saat ini Flip tengah menggalang dukungan untuk membuka satu lagi rekening bank baru yang berbeda.

Aman nggak Nih?

Transfer antar bank kan urusannya  dengan duit. Bisa berabe kalo salah transfer. Lha ini, kita transfer ke flip yang notabene pihak ketiga dan akan membantu kita. Tapi wajar kan kalo kita parno dikit? Jangan sampai duit buat bayar kuliah melayang… berabe kan.. Terkait keamanan, ada  dua jenis, yaitu keamanan uang pengguna dan keamanan data pengguna. Untuk keamanan uang pengguna, karena seluruh perpindahan uang berlangsung di dalam sistem perbankan, maka uang pengguna pun akan aman.  

Sementara untuk keamanan data pengguna, seluruh data personal pengguna dilindungi dengan enkripsi yang menggunakan AES-128, sehingga tidak dapat dibaca pihak luar. Tak hanya itu, semua komunikasi antarserver juga dienkripsi menggunakan SSL. Kombinasi dari keduanya digunakan untuk menjaga data-data pengguna.

Lalu bicara soal durasi waktu transaksi, Flip mengklaim bahwa waktu normal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi adalah 10 menit, akan tetapi faktor lain seperti banyaknya transaksi yang harus diproses pada saat itu, juga berpengaruh. Kendati demikian, Flip menjamin bahwa transaksi pengguna akan selesai diproses dalam waktu kurang dari 60 menit.

Di setiap transaksi yang berlangsung, uang yang ditransfer ke nomor rekening tujuan menjadi atas nama Flip, akan tetapi nama pengirim akan dicantumkan pada berita transfer. Dan ketika transaksi selesai diproses, Flip akan mengirimkan bukti transaksi melalui e-mail. Pada versi beta, nilai transaksi pengiriman setiap transaksi maksimal Rp 2 juta per hari.

Kalau kamu sudah tidak sabar untuk menggunakan Flip, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar pada situs resmi flip, goflip.me. setelah pendaftaran, lakukan verifikasi dan kamu bisa langsung menggunakan jasa Flip. Nah driser, sekarang kita bisa berhemat kalo mau pesan drise. Secara kita buka rekening bank syariah Mandiri, kalo kamu punya rekening BCA/Mandiri/BNI transfer ke kita pake aja flip. Selain aman, hemat pula. Selamat mencoba flip! [@Hafidz341]

Ngobrol dengan Salah Developer Flip..

Di sela kesibukannya, redaksi berhasil menghubungi salah satu developer Flip. Mas Ginanjar. Simak obrolan singkat saya dengan doski.

1.  Apa visi besar Flip?  Flip ingin menghilangkan riba Kak.

2. Secara teknis, saya lihat transer nasabah  ditampung dulu di rek flip yang banknya sejenis. baru dikirim dari flip ke rekening tujuan dengan bank sejenis. pertanyaannya, proses antar rekening flip itu manual atau otomatis?  

Untuk pengirimannya semi otomatis Kak. Jadi input datanya dilakukan sistem kita. Trus untuk verifikasi dilakukan manual oleh manager operasional Flip.

3. Kalo gitu, harus ada dana yang cukup besar ya di masing-masing rekening flip?  Yap, Flip menyebar sejumlah dananya ke masing2 rekening Flip.

4. Brapa rata-rata jumlah transaksi perhari dan total nominalnya?  Transaksi rata-rata perhari ada 800 transaksi Kak, dengan total nominal rata2 sekitar 400jt/hari

5. Kalo bleh tahu, bagaimana sumber dana untuk pengembangan flip?   Dana investor Kak Jadi, tunggu apa lagi? Ayo pakai Flip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *