Tuesday, July 14

Help Center : Kebiasaan curhat

Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Saya punya kebiasaan curhat ke medsos.

Gimana menghilangkan kebiasaan ini?

(Fara, Batam)

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Dik  Fara yang baik,  Curhat alias mengeluh menjadi bagian yang dekat dengan keseharian manusia. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti pernah mengeluh. Allah SWT menyatakan manusia adalah sosok yang senang berkeluh kesah. Hanya saja frekuensi masing-masing orang untuk mengeluh berbeda-beda dipengaruhi oleh tingkat pemahaman dan cara pandangnya terhadap masalah yang sedang di hadapinya.

Sebagian orang merasa puas ketika bisa mencurahkan perasaannya kepada orang lain (baca medsos). Ketika mengeluh menjadi kebiasaan, maka akan menjadi karakter seseorang yang terkadang sulit diubah.  Dik Fara yang baik, Pribadi yang sering mengeluh menjadi  indikasi kurang bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Padahal Allah SWT berfirman “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya.” (QS AnNahl:18).

Ketika seseorang senantiasa mengeluh dalam berbagai situasi dan masalah yang menimpanya, maka ia tidak mensyukuri atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Hatinya tertutup dari mengingat nikmat Allah SWT yang tiada terbatas. Sering mengeluh menjadikan suasana tidak nyaman bagi lingkungan dan orang disekitarnya.

Kebiasaan mengeluh tanpa memandang apakah pihak yang dia ceritakan bisa menolong atau tidak, maka sejatinya juga merendahkan nilai diri sendiri. Boleh jadi malah hanya merepotkan orang lain. Mengeluh yang melebihi proporsi membawa efek buruk. Seseorang akan lebih terpuruk, kehilangan keberanian, kehilangan harga diri, tidak mampu berpikir sehat, kehilangan daya juang dan optimisme.

Terlalu banyak mengeluh juga sangat buruk bagi kesehatan. Bahkan bisa membuat tubuh terkena penyakit. Mengeluh tanda tidak bersyukur, bahkan akan menjauhkan pelakunya dari pintu surga.  Dik Fara yang baik, Islam mengajarkan kita untuk bersikap  tenang, tegar dan sabar dalam menyingkapi suatu kondisi atau masalah. Jikalau ingin curhat, dan mengeluh, maka curhatlah hanya kepada Allah SWT.

 “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sungguh bersama kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al Insyiroh: 6-7).

Ini adalah janji Allah SWT kepada manusia bahwa di balik setiap musibah yang di hadapi manusia, Allah SWT akan memberikan kemudahan. Maka Allah SWT memerintahkan manusia untuk mengadu kepada-Nya saja dalam setiap masalah. Hanya Allah lah satusatunya yang mampu memberikan solusi dari setiap permasalahan yang di hadapi hambahamba-Nya.

Hanya Dia yang bisa menjaga rahasia, kejelekan dan aib hamba-Nya. Berbeda jika berkeluh kesah lewat sosial media atau kepada sesama manusia. Jika Adik ingin bantuan seseorang atas masalah yang dihadapi, maka berceritalah kepada seseorang  yang benar-benar terpercaya dan sekiranya  bisa membantu atas izin Allah SWT. Dan semoga Adik  dijauhkan dari kebiasaan sering mengeluh. Aamiin ya robal alamin[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *