Thursday, October 17

Help center : Ngikutin Gaya Artis

Aslm wr.wb. Mbk, bolehkan kita berubah karena  memfigurkan kakak mentor?  (Aldi, Mlng)

 Wa’alaikumussalam Wr.Wb. Aldi yang baik,

Secara alami, setiap manusia pasti  akan mengalami perubahan dalam hidupnya. Ada perubahan yang mengarah pada hal positif atau sebaliknya mengarah pada sesuatu yang negatif.  Sebaik-baik orang adalah yang tiap detik harinya selalu lebih baik dari sebelumnya.

Saat seseorang berubah, berarti  ia berusaha menjadi sosok baru, berbeda dengan sebelumnya. Perubahan ada yang bertahan menetap, atau sebaliknya hanya sementara. Semua tergantung apa motivasi yang menjadikannya berubah.  

Aldi yang baik, Seseorang memang dapat berubah  dikarenakan motivasi dari luar dirinya, semisal karena sosok figur kakak mentor.  Akan tetapi harus diingat, perubahan diri yang bukan berasal dari dalam diri sendiri, tapi sebab ikut-ikutan orang lain, atau  ingin meniru orang lain, sifat perubahannya sesaat  saja.

Tidak bertahan lama. Ia bisa hilang, seiring memudarnya pesona sosok yang kita figurkan, jika  suatu saat tampak kesalahan, dan keburukannya.     Aldi yang baik, Kita hendaklah bergantung kepada  kebenaran dan meninggalkan ketergantungan kepada figuritas. Menjadikan seseorang sebagai teladan boleh saja, tapi harus memandang dengan objektif, bahwa manusia tidak pernah luput dari salah dan khilaf.

Saat sosok yang kita figurkan melakukan kebaikan, maka kita menirunya, menjadikan motivator kebaikan. Akan tetapi jika suatu saat ia salah, maka kewajiban kita menasehatinya, bukan membencinya atau bahkan meninggalkan kebaikan yang telah kita lakukan.  Aldi yang baik, Sebagai hamba Allah, misi hidup  seorang muslim adalah meraih ridha Allah SWT. Termasuk dalam merubah diri kita ke arah yang lebih baik.

Untuk itu, perubahan diri kita seharusnya diniatkan hanya karena Allah, bukan karena uang, teman atau kakak mentor. Perubahan juga harus dilakukan dengan cara-cara yang telah ditentukan Allah SWT. Dengan niat karena Allah dan caranya benar menurut Allah, maka akan menjadikan perubahan yang kita lakukan sebagai amal yang baik.

So, jadikan motivasi berubah kita hanya karena Allah SWT. Selamat berubah menjadi pribadi luar biasa dan istimewa dihadapan-Nya. Allahumma amiin… []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *