Monday, July 27

Hijabers Nonton Konser ?

Salah satu komika stand-up comedy beberapa waktu lalu sempat jadi sorotan para hijabers, khususnya  hijabers penggemar boyband korea. Tweet yang di post di akun pribadi si komika inilah asal muasalnya.

“Cewek pake hijab, terus dateng ke konser nangis nangis, mungkin keluarganya terlalu over protektif, jadi pelampiasannya disitu” .

 Cuitan sang comedian ini emang gak tanggung-tanggung men, doski nyindir abis para hijabers yang notabene fans fanatic para boyband asal luar negeri. Alhasil, Twitterland sempat heboh dengan hastag yang menyudutkan cuitan komika tersebut. Dalam hitungan menit aja, cuitan doski tersebut sontak kebanjiran cuitan lainnya yang gak kalah riuh.

Yup, emang gak butuh waktu lama si Komika dikeroyok fans K-Pop. Mereka membully abisabisan si komika dengan berbagai komentar  yang menyudutkan. Bahkan, ada yang sempat mempopulerkan hastag segala. Pembelaan doski via akun twitter-nya pun di tanggapi miring.

Karena hijab punya power,  makanya apapun yang dilakuin pasti dibandingin dengan kegiatan yang lebih baik” cuit doski lagi.   

Lain kisah Boy band, lain pula kisah Harris J alias Harris Jung. Hoi hoiiii! Denger nama Harris, sontak bakal bikin cewek-cewek jadi mewwek!, wek wek!. Londo asal kota London ini adalah seniman muda Muslim Inggris yang belakangan jadi buah bibir di kalangan remaja putri di Indonesia. Si Harris ini emang gak kalah ngetren dari boyband K-Pop idola remaja.

Lewat single Salam Alaikum, Harris J gak susah payah merebut hati penggemarnya, apalagiii aliran music Harris ini religi. Beberapa stasiun TV Indonesia sendiri sampe bela-belain ngegarap acara khusus buat doski. Alhasil, remaja putri apalagi hijabers yang emang baperan, mudah banget berpaling hati. Jadilah acara yang dikemas khusus buat Harris meledak.

Gak tanggung-tanggung, hijabers yang memadati konser Harris ampe bejibun. Ini konser artis luar negeri, Belum lagi acara music yang siarkan secara live di TV sawasta, hijabers juga gak pernah alpa! Lah, jadi bertanyatanya, hijabers kita kok pada doyan nonton konser ya? Hijabers, Wajib Jaga Iffah

Driser, fenomena hijabers tentu patut  kita apresiasi. Namun kudu difahami juga kalo pakai hijab juga butuh ilmu. Bukan cuman ikut-ikutan lantaran lagi ngetrend aja. Hijab itu hukum syara, Dear. So, memakainya pun gak boleh asal nutup aurat biar cocok  dengan fashion yang lagi rame. Bukan apa-apa, sayang aja kalo niatnya ibadah tapi caranya gak berkah. Pahalanya nguap deh!  

Hijabers gak boleh hanya mencukupkan diri pada pengetahuan tentang “hijab dari sudut pandang fashion” saja. Ini penting. Mengapa? Agar hijabers gak hanya di sibukkan  dengan kreasi pemakaian hijab, tutorial memakai hijab, padu padan warna, sampai trend hijab terbaru. Ada yang lebih penting untuk difahami yakni landasan di syari’atkannya hijab, bagaimana hijab yang syar’I sesuai dalil syara’, bagaimana pergaulan yang Islami, yang include didalamnya mengenai gimana Islam mengatur interaksi laki-laki dan perempuan.

Penting banget, agar hijab gak dimaknai sekedar symbol tanpa disertai akhlak yang syar’i. Emang bener sih kalau dikatakan hijab itu memiliki power. Tuntutan masyarakat terhadap muslimah yang memakai hijab, tentu melebihi tuntutan mereka terhadap  muslimah yang gak memakai hijab. Meski hal  tersebut gak sepenuhnya benar, namun adalah sesuatu yang penting dilakukan agar para hijabers kian sempurna mengenakan hijab. Apa itu?

Yup, akhlak. Oh ya, selain pakai hijab yang syar’i, keseharian kita juga mesti dibalut denagn interaksi syar’I dengan lawan jenis. Biar matching gitu. Gimana agar para muslimah, remaja putri komunitas hijabers bisa memahami ada iffah yang merupakan pendukung pakaian takwa para muslimah. Akan kian sempurna lagi dengan memperhatikan aturan Islam yang lainnya yakni : Islam melarang ikhtilat (campur baur) antara laki-laki dan perempuan, karena sejatinya kehidupan keduanya kudu terpisah. Acara konser-konser itu udah jelas campur baur, melalaikan waktu, apalagi buang-buang energy. Beneran deh, sia-sia! Islam juga telah memerintahkan baik kepada pria dan wanita agar menundukkan pandangannya serta memelihara kemaluannya.

Gimana kalau sampai melototin para boy band atau artis idola sampai ga berkedip? Hati-hati lho, Dear. Hati kamu sedang bahaya! Mending juga melototin buku paket, dijamin bikin merem deh .  Allah SWT berfirman :

“katakanlah kepada laki-laki yang beriman:”hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya:yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah MahaMengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada perempuan yang beriman: “hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya” (QS. An-Nur : 30-31).  

So, sempurnakan hijab kamu, hiasi dengan akhlak yang baik agar kemuliaanmu tetap terpancar lewat pakaian takwamu. Yuk?! [ Juanmartin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *