Wednesday, June 3

Tetap Berpahala Meski ‘Tak Puasa’

Ramadhan is coming!  Marhabaan Yaa Romadhoon. Siapa yang gak bahagia ramadhon tiba? Gak ada kan ya?.semua pasti bahagia!. Ada nuansa tersendiri ketika kita memasuki bulan penuh berkah ini. Nuansa ibadahnya kental, bikin hati adem tenan. Btw, buat para cewek, utang puasanya udah lunas bloom? hayooo…:D  

Yuk, Berburu Pahala

Salah satu fitrah kaum hawa yang  kadang di anggap menghambat ibadah di bulan romadhon adalah menstruasi. Ada yang cemberut mikirin bolongnya yang keitung hutang dan kudu dibayar di hari yang lain.  Eits, jangan manyun gitu dong non, menstruasi bukanlah penghalang untuk kamu berburu pahala. Romadhon adalah bulan yang di dalamnya penuh dengan bonus pahala.

Kamu tetep bisa mengail pahala dengan aktifitas lain yang tetap bejibun bonusnya.  Lagipula bolong kamu karena masa mens itu tetep dibayar dan tetep di hitung sebagai amalan puasa romadhon. Cuman yang mungkin bikin terasa susah karena kamunya jadi shaum sendiri, di hari saat orang lain gak berpuasa. Sedih sih, tapi kamu gak sendiri kok.

 Ibunda Aisyara RA pun pernah merasakan seperti yang kalian rasakan. Diceritakan dari Aisyah RA ”Kami keluar (safar) bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan tujuan kami hanyalah ibadah haji. Sampai ketika kami tiba di Sarif atau dekat dengannya, aku mengalami haid. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam  masuk menemuiku sementara aku sedang menangis. Lalu beliau bertanya:”Apakah engkau mengalami nifas?” maksudnya adalah haid (menstruasi). ‘Aisyah berkata:”

Aku jawab:’Iya.’” Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Sesungguhnya ini adalah sesuatu yang telah Allah tetapkan (takdirkan) bagi kaum wanita dari anak cucu Adam. Maka lakukanlah amalan-amalan haji, hanya saja janganlah engkau Thahwaf di Ka’bah sebelum engkau mandi (setelah suci dari haidh).” ‘Aisyah berkata:”Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkurban dengan menyembelih seekor sapi yang diniatkan untuk semua isterinya.” (HR. Muslim no 2976).   

Sabaaar, jalanin aja. Utang kan bukan untuk di ratapi, tapi dibayarin, eh . Gak perlu sedih ketika sedang mendapat siklus bulanan, karena ini adalah ketetapan Allah SWT. Lagi pula, kita tetep bisa melaksanakan ibadah yang lainnya kok.

 Amal Keren, Pahala mentereng

Nah, yang pertama-tama harus  difahami bahwa Wajib bagi kaum hawa untuk meng-qadha` alias ‘mengganti’ puasa yang ditinggalkannya di bulan Ramadhan pada hari-hari yang lain, tetapi tidak perlu meng-qadha` shalatnya.  

Ketika Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anhaa ditanya oleh seorang wanita yang bernama Ma’aadzah, “Kenapa wanita yang haidh meng-qadha` puasanya dan tidak meng-qadha` shalatnya?” Beliau menjawab,“Kami diperintahkan untuk mengganti puasa dan tidak diperintahkan untuk mengganti shalat.” (Muttafaqun ‘alaihi).

So, tenang aja, kamu-kamu gak bakal ketinggalan kok dengan berkah romadhon. Nah, biar romadhon kamu tetep asyik, ada begitu banyak aktifitas, yang didalamnya bisa jadi sarana buat kamu ngumpulin bonus pahala romadhon seeebanyak-banyaknya!. Apa aja tuh?

1._Memberi makan untuk ifthar Jika tidak sedang berpuasa, pahala puasa insya Allah tetap bisa didapat dengan memberi makanan berbuka pada orang yang berpuasa. Catet lagi nih yaa,“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”. asik!

2._Menuntut ilmu dan berbagi ilmu Bagi wanita haid, gak ada halangan untuk mempelajari ilmu agama ketika Ramadhan. Trusss, Ketika telah mendapat ilmu yang bermanfaat, hendaknya membagikannya kepada orang lain: “Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun” (HR. Muslim (no.2674).

3._Memperbanyak sedekah Sedekah bisa berupa apa saja, gak mesti mengeluarkan uang ya, Non. Bahkan, perbuatan ringan seperti menuangkan air ke ember saudara kita pun termasuk sedekah.Banyak-banyakin sedekah deh, meski hanya dengan tersenyum .  

4._Aktif mengikuti kegiatan romadhon Kalau yang ini mah, kudu yah? Moment romadhon emang jadi waktu yang tepat buat aktif di berbagai kegiatan. Garing banget kalau cewek ngisi romadhon sambil jingkrakan di konser ngabuburit. Udah Maksiat, bisa-bisa puasanya Cuma keitung laper doang. Kasihan bingitz dah!

Driser, kita berharap romadhon kali ini benar-benar bisa menjadi titik awal bagi kita untuk lebih baik lagi setelah romadhon. Segala perubahan positif yang kita laksanakan selama sebulan ini, jangan luntur apalagi hilang gak berbekas setelah romadhon.  Apalagi kita sebagai Muslimah, wajib banget untuk membentengi diri dengan ilmu agama, sekaligus belajar meningkatkan iffah kita agar terhindar dari segala bahaya. Jangan yang di inget busana hari lebaran dulu ya! Pikirin bekal selama romadhon dulu, itu yang paling penting, catet! .[ Juanmartin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *